28 November 2008

Kena Virus Dari Flash Disk ?.... Aduuuh..

Komputer dipakai berganti - ganti kayaknya bakalan rawan kena virus deh, so daripada kena mending jangan dipinjemin temenmu, suruh beli sandiri aja...he he. Jahat banget yah, ga kok! Just Kidding. Berikut ada Tips sederhana gimana agar kompi kamu kaga kena penyakit yang satu itu.

1. Saat Autoplay Flashdisk jangan dulu dibuka pilih ‘Cancel’, Ini bertujuan mengatisipasi Terjebaknya kita oleh virus yang menyamar .

2. Virus akan meyertakan File pemicu biasanya File Autorun.inf ke dalam Flashdisk dengan attribut Hidden, yang menyebabkan ketika kita mendouble klik Flashdisk di my Computer virus secara otomatis mengeksekusi Virus tersebut, pertama kita harus menghapus File tersebut misalkan Flashdisk ada di drive V buka aplikasi comand-prompt : start>run ketikan cmd, lalu ketikan kode berikut :
Del /f /ah /as V:\autorun.inf

3. Virus sering muncul berektensi .vbs (Menggunakan vbscript) yang dihidden atupun terang-terangan , hapus vbs tersebut dengan mengetikan kode berikut di Command-Prompt :
Del /f /s /ah /as /aa /ar V:\*.vbs

4. Atau muncul bereksteksi .scr, hapus dengan kode berikut :
Del /f /s /ah /as /aa /ar V:\*.scr

5. Hal yang paling sulit penghapusan adalah virus yang berekstensi .exe, dikhawatirkan akan ikut melakukan penghapusan terhadap file lain yang berekstensi .exe namun bukan virus (kecuali di flashdisk anda tidak menyertakan file exe). Lakukan pemfilteran dengan ‘Search’ atau F3. Pilih ‘allFile and Folder’,masukan kata kunci *.exe

6. Hapus file yang berikon Folder namun bertype Aplication , File tersebut merupakan Virus yang menyamar menjadi Folder.

7. Andai terdapat File Doc yang Hilang karena virus, kembalikan dengan kode berikut di Command-prompth :
Attrib –h –s V:/*.doc

8. Unplug Flashdisk untuk menghilangkan effect error Pemicu terhadap virus yang sudah terhapus.



1 komentar:

  1. aduh............ribet banget sih mo ngebunuh makhluk bersel satu aja alias virus. ada kaga' cara yg lebih simple?????????? dasar, males mikir!!!!!!!!!

    BalasHapus